Tuesday, February 14, 2017

Belajar Mengenal Allah SWT

Dari kecil Nizam selalu aku biasain buat gosok gigi dulu niy plus pipis en bersih2 badan dikit sebelum tidur. Walopun kadang2 anaknya suka minta skip gosok gigi en cuma pipis doank...pernah sering juga gara2 emaknya yg udah ngantuk duluan akhirna skip ritual itu langsung merem...haha. Nah selama bulan terakhir ritualnya ditambah sama bacain buku cerita sebelum tidur..apalagi anaknya sekarang udah mulai heboh kalo pas diceritain, kadang doi responnya lebih heboh dari kita storryteller-nya...hihihi.

Tadi malem ada sedikit cerita soal ritual sebelum tidur ini. Kalo biasanya cerita yg dibacain tentang seri binatang ato film kartun paporit Nizam, nah tadi malem ternyata si anak kicik ngambilnya buku cerita yg agak sedikit berbobot tentang Kisah Binatang dalam Al Quran. FYI, beli buku cerita ini juga jadi ritual yg ditunggu-tunggu Nizam setiap hari Rabu coz biasanya ada pasar malem di depan kos en doi udah hapal tuh tempat yg jual buku2 cerita disono...mayan cyiiin 15rebu dapet 2 buku....ehehe#hiduphemat.


koleksi buku cerita hasil 15rb dapet 2 😛

Balik buku cerita tadi, cerita pertama tentang kisah burung yg ada di Al Quran. Yaitu ketika Nabi Ibrahim diberi petunjuk oleh Allah SWT tentang adanya akhirat dimana manusia pada hari akhir kelak akan dihidupkan kembali. Dan Nabi Ibrahim pun bertanya bagaimana cara Allah SWT menghidupkan orang-orang mati tersebut. Kemudian Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih empat ekor burung, lalu burung-burung itu dicincang dan dicampuradukkan menjadi satu dan dibagi menjadi empat bagian. Masing2 bagian disimpan di bukit yang berjauhan. Setelah selesai, Nabi Ibrahim diperintahkan Allah SWT untuk memanggil keempat burung itu. Ajaibnya, burung2 yg disembelih tadi telah hidup kembali dan terbang ke arah Nabi Ibrahim. Setelah kejadian tersebut, makin bertambahlah keimanan dan keyakinan Nabi Ibrahim akan kekuasaan-Nya.

Berat ya cyiiin ceritanya....ehehe...emak yg biasanya cerita sambil bikin suara2 lucu binatang ato sambil bikin suara mobil yg lagi ngebut kalo lagi cerita bukunya CARS, kartun mobil paporit Nizam, jadi aga mikir deh cara cerita isi buku ini biar anaknya ga bingung plus moment yg bagus banget buat lebih mengenalkan Nizam sama Allah SWT.

buku cerita malam ini 😊
So aku mulai niy dari cerita tentang Allah. Nizam tau ga Allah itu siapa?Nizam tau ga Allah itu tinggalnya dimana?Allah itu ada berapa?Ya kayak biasa, bukan Nizam namanya kalo jawabnya ga sambil ngebanyol...ahaha
👧 : "Allah itu ada berapa, Zam?"
👶 : " 100 lah"
👧 : "Lah banyak amat...Allah itu cuman 1 Zam makanya Allah punya sifat namanya ESA artinya cuma satu2nya"
👶 : "oooo" *sambil ngangguk2 serius, moga2 bener2 ngerti ya Zam 😀*

Dari cerita tentang Allah tadi lanjut ke cerita tentang Nabi Ibrahim en burung2 tadi...biasalah emak musti aga lebay en melodrama Asia dikit pas cerita bagian burung2 itu disembelih dan burung2 itu balik hidup lagi...anaknya surprise banget en bolak balik bilang, "Allah itu keren banget ya mah"...Alhamdulillah 😊😊. Etapi ada yg lucu juga niy pas lagi ngobrol sama anak kicik satu ini...
👧 : "Jadi Zam, Allah itu bisa menghidupkan orang yang maaa.....*harapannya Nizam bilang mati*"
👶 : "orang yg maaniiiiisss"
👧 : "😂😂😂"

Nah pas udah mau siap2 tidur, emak kan cerita dikit soal akhirat ke Nizam..
👧: "Nizam nanti kalo mama meninggal duluan, jangan lupa doain mama ya"
👶: *cuman diem, mata berkaca-kaca nahan nangis*
👧 : "Loh Nizam koq nangis kenapa?"
👶: "😢😢😢...Karna aku maunya sama mama terus...mama jangan ninggalin aku"
👧 : "😊😊😊...Nizam nanti tetep bisa sama mama asal Nizam rajin shalat, rajin baca Quran *dan langsung nunjukkin yg namanya Al Quran ke doi karna kayaknya belum pernah secara jelas nyebut yg selama ini kita baca itu dari Al Quran* trus baik sama orang, nurut en doain mama terus...biar kita bisa sama2 masuk surga ya Zam"
👶 : "Surga itu enak ya mah?"
👧 : "Wah enak banget, Zam"
👶 : "Mainannya banyak ya mah kalo disana??"
👧 : "😅😅😅" *yayaya Zam, kalo buat kamu emang ga bisa jauh2 dari mainan yak...haha...gpp deh asal shalatnya jadi lebih rajin ya Zam, ga cuma maunya shalat Maghrib aja...hihii*

Dan begitulah tadi malam berakhir dengan sesuatu yg bernilai...mudah2an kamu tumbuh jadi anak yg sholeh ya Zam...rengkuhlah akhiratmu nak, InsyaAllah dunia akan menyertai 😇😇😇

No comments:

Post a Comment