Monday, February 20, 2017

Min Haitsu Laa Yahtasib

Percaya kan rejeki kita itu udah diatur sama Allah?ya walopun tetep kudu usaha dulu buat menjemput rejeki itu. Semut di puncak gunung aja udah diatur rejekinya sama Allah, masak siy kita manusia ga percaya kalo rejekinya pasti lebih dari semut itu apalagi kalo udah berusaha sekuat tenaga menggapai rizki yg ada. Dan rejeki itu banyak banget macemnya ga cuman sebatas materi. Seringkali juga rejeki itu datang dari arah yg tak disangka-sangka (min haitsu laa yahtasib). So kali ini pengen cerita tentang berbagai rejeki itu *ehem*.

Rejeki pertama menurut aku yg kerasa nyess banget di hati itu rejeki anak sholeh. Pasti setiap orang tua mendoakan dan mengusahakan biar anaknya jd anak yg sholeh sholehah, ga terkecuali harapan dan doaku buat Nizam. Masih inget banget malam dimana aku ber-azzam buat ninggalin riba, Allah ngasih kebahagiaan berupa Nizam yg tiba2 mau ikutan shalat maghrib plus sunnah2nya sampai lanjut ke shalat Isya'. Kalau biasanya doi cuma mau shalat maghrib dan itupun biasanya shalat sendiri yg cepet banget, kali ini dia sabar ngikutin gerakan shalatku bahkan pas shalat sunnah-nya doi langsung ikutan buat shalat juga...alhamdulillah..bahagia banget deh waktu itu...mudah2an bisa terus kayak gitu ya, Zam *walopun kalo sekarang kadang balik ke shalat sendiri yg cepet2 😅😅*. Nikmat rejeki anak sholeh lainnya yg aku rasain waktu aku sama Nizam bikin perjanjian, kalo pas wiken dia mau shalat semuanya. Awalnya ga terlalu menaruh harapan tinggi esp untuk shalat Subuh, surprisingly di wiken sabtu kemaren anaknya bangun jam 04.30 dan pas ditanya koq ga tidur lagi?jawabnya kan aku mau shalat Subuh sama mama...duh meleleh lah hati emak satu ini *langsung peluk en cium2 anak manis ini*. Nah di wiken hari Minggu ini pas adzan Subuh, anaknya belum bangun, akhirnya nyoba buat bangunin...pengen liat gampang ga buat diajakin shalat Subuh lagi...dan alhamdulillah-nya anaknya mau iho langsung bangun en shalat bareng...ya Allah, maturnuwun sangeet...Bismillah, pelan2 kita cobain shalat komplit ga cuman pas wiken aja ya, Zam. Dan seperti biasa ada sepenggal dialog lucu kalo pas sama Nizam...
👧 : "Nizam, mama masukin sarung ya ke tas Nizam, nanti mama bilang ke Miss-nya kalo pas waktunya shalat biar nawarin ke Nizam mau shalat apa engga"
👶 : "Iiihh ga mau mah" *sambil ngerebut sarungnya*
👧 : "Loh kenapa???"
👶 : "Karna itu nanti mainanku direbut sama temenku kalo pas aku shalat...kan ga ada yg jagain"
👧 : "😂😂😂" *yayaya...semuanya emang serba tentang mainan ya, Zam*

Rejeki kedua menurut aku yg kadang2 datengnya di waktu yg ga terduga adalah soal materi. Buat orang2 di sekitarku, pasti pada tahu kalo akhir2 ini aku emang lagi getol jualan...entah nawarin ORIFLAME ato jualan baju anak...#numpangpromodikit...dan seringkali banyak pesenan entah dari orang yg ga terduga ataupun di waktu yg ga disangka. Sebagai seller pemula di dunia online shop, ada yg komen or ngelike di IG dari orang2 di luar lingkaran orang yg aku kenal aja udah bikin seneng...eh ini kemaren tiba2 ada yg order sampai 12 pcs dari orang tak dikenal di ujung timur Indonesia ini *ongkirnya padahal mayan juga*. Dan emang bener iho kalo ada yg suka bilang abiz shalat Subuh better ga tidur lagi, nanti rejekinya dipatok ayam *kasian ya ayam dijadiin kambing hitam...eh ini ngomongin ayam apa kambing yak?haha#jayuss*. Coz yg pesen dari ujung timur Indonesia itu juga order sekitar jam 6 pagi abiz aku upload2 dagangan di IG sembari nunggu waktu siap2 ke kantor...coba kalo aku nunggu siap2 ke kantor sambil tidur kayak jaman jahiliyah dulu, belum tentu dapet orderan deh...ahahaa...yah sesekali mungkin gpp kali ya, asal jangan jadi kebiasaan *ngomong sama diri sendiri 😝*

Masih terkait sama rejeki materi ini, ada juga yg tiba2 pesen produk ORIFLAME di jam2 aku udah mau tidur malem niy....itupun dari mbak2 yg ga diduga dan disangka bakal pesen lumayan banyak...wah another alhamdulillah banget.

Oya soal rejeki materi ini, ada sedikit cerita yg terselip niy. Jadi hari Minggu kemaren kan rencananya aku mau nyoba jualan baju anak di CFD deket bunderan HI. Udah sempet guggling en nanya2 ke temen yg pernah jualan disana, udah prepare juga jam 5 pagi berangkat dari kos *alhamdulillah Nizam sering diajak pergi pas Subuh jadi anaknya ga pake rewel juga pas kemaren itu*. Sampai disana masih banyak tempat kosong tuh, akhirnya nyoba gelar lapak deh eh ga beberapa lama ujan deres pun turun plus pedagang yg sebelumnya mangkal disitu dateng dan so pasti ngusir kita...hiks..hiks...terpaksa angkut barang *untung ga terlalu banyak* dan pindah tempat *mana pas ujan pulak*. Akhirnya ga beberapa jauh dari tempat pertama tadi nemu juga tempat kosong trus gelar lapak lagi walopun agak worry diusir lagi tapi yaudahlah nyoba dulu. Etapi cobaan kedua adalah ujan tambah deres sodara2 dan kita pun kehujanan *namanya juga masih amatir jadi ga prepare jas ujan or payung 😂😂*. Udahlah basah semua baju kita plus kesian juga liat Nizam yg keujanan *takut doi sakit juga*. Akhirnya karna ujan yg kayaknya bakal lama plus mulai diomongin pedagang2 yg lewat buat nyari tempat berteduh lainnya, kita pun mulai angkut2in barang buat balik ke mobil yg diparkir agak jauh...dan iyes itu dalam kondisi hujan. Pernah liat adegan di sinetron part ibu2 sama anaknya bawa barang banyak pas ujan deres kayak abiz diusir dari rumah gitu??iyess, kita kemaren itu persis banget kayak gitu...haha..melas banget yak. Di mobil pun berkali-kali aku bilang ke Nizam, maapin mama ya Zam dan anaknya cuma ketawa2 sambil bilang gpp koq mah...duh nak, emak makin jatuh cinta setengah mati sama kamu 😘😘. 

modal perang kemaren
Sampai di rumah, anaknya langsung dimandiin air anget plus oles minyak telon sebanyak mungkin dan tentu aja cekokin tolak angin anak deh...hehe. And you know what, nyampe rumah udah ada loh yg tiba2 WA en bilang mau order baju anak...ya Allah, engkau Maha Pemberi Rejeki yg utama..walopun ga jadi dapet rejeki dari CFD tapi Allah langsung ganti dengan rejeki yg lain...alhamdulillah!!!

Rejeki lainnya adalah cincin pemberian mama yg udah ilang sekitar sebulan lalu tiba2 ditemukan di tempat yg ga terduga. Jadi ceritanya cincin itu terakhir make pas aku liburan akhir tahun ke Lampung en abiz itu menghilang entah kemana. Dicari ke segala penjuru kamar plus di semua tas yg dipake kesana pun ga ketemu. Etapi pas kemaren sore lagi bersih2 di depan kamar trus geserin dikit stroller Nizam, ajaibnya cincin itu ada di bawah sana...ya Allah, alhamdulillah banget ketemu padahal tadinya udah ngerasa bersalah banget sama mama walopun beliau katanya udah mengikhlaskan, mungkin bukan rejeki. Part cincin ketemu ini bikin aku ngerasa bersyukur banget sama Allah SWT.
Fabiayya alaa irobbikuma tukaththibaan (maka nikmat Tuhan manakah yg kamu dustakan)
*terinspirasi dari temen yg lagi ngapalin surat ini...gudlak Mas Bro!!*

alhamdulillah ketemuuu ;))

Cerita2 di atas sekali lagi murni buat pengingat diri sendiri biar selalu bersyukur sama Allah karna rejeki itu emang kadang2 datang dari arah yang tak disangka-sangka. Min haitsu laa yahtasib (QS At Talaaq : 3) ini jadi andalan banget kalau lagi tiba di titik yang sedang meragukan segala nikmat rejeki dari Allah. Karna sama kayak iman yg bisa aja naik turun, keyakinan sama rejeki Allah pun kadangkala mengalami hal yg serupa.

Dan cerita hari ini ditutup dengan upeti buat anak sholeh yg cuma dibayar dg diajak ke tempat mainan di mall paporit aja udah bahagia...

muka hepi si bocah

👧 : "Nizam lagi bikin apa?"
👶 : "Lagi bikin rumah mah buat kita"
👧 : "😯😯" 

*bismillah ya Zam, itungan dunia emang mama belum mampu beliin rumah ga pake utang riba buat kamu...tapi itungan Allah kan kita ga pernah tahu 😊😊*




No comments:

Post a Comment