Friday, August 11, 2017

Nyang Lagi Happening buat Pegawai Pajak >> #PajakBertutur

Hari ini timeline para pegawai pajak lagi pada rame sama kegiatan #PajakBertutur yang diadain serentak oleh semua kantor pelayanan pajak di seluruh Indonesia...weiitssss kebayang yak hebohnya acara ini, ga terkecuali sama kantor emak yg juga ngadain acara yg sama. Kegiatan #PajakBertutur ini digagas sama kantor pusat biar masyarakat semakin sadar tentang pentingnya pajak buat negara kita. Udah tahu sendiri kan berapa utang negara ini? *iyes yg banyak banget itu :((* so pajak diharapkan jadi salah satu sumber penerimaan negara yg selain buat biayain segala macem pembangunan juga buat nutupin utang negara itu tadi. Acara #PajakBertutur ini juga dimaksudkan buat memecahkan rekor Muri *yg alhamdulillah berhasil juga* dalam rangka edukasi pajak dengan peserta terbanyak.


yeaay dapet rekor MURI

Ishhh bahasanya formil amat yak...haha tapi sebenernya cuma pengen cerita aja keseruan acara hari ini especially yg diadain sama kantor sendiri. Persiapan acara sih udah dilakuin jauh2 hari cuman emang pas rapat perdana, aku nya lagi ada diklat biar pinter baca laporan keuangan *setelah 4 tahun lamanya kagak pernah diklat ;p* so emang agak ketinggalan dikit update bout acara ini. Ternyata diriku kebagian buat bertutur *aiiih bahasanya* alias cuap2 bout pajak ke anak2 SD *yakali badan emak seuprit gini, biar seimbang kali ya sama tu anak2 SD :p*. Brainstorming bareng2 tim #PajakBertutur yg ke SD, kita sepakat buat bikin acara yg fun en asik buat anak2 SD ini...yakali anak SD disuruh dengerin paparan slide presentasi yg biasa2 aja, bisa2 kabur semuanya deh...eheheh. Eniwei persiapan acara #PajakBerptutur ini jadi kayak flashback pas dulu lagi nyiapin buat #KemenkeuMengajar kira2 setahun yg lalu. Kurang lebih siy hampir sama kayak Kelas Inspirasi gitu cuma ini emang fokus ke pengenalan tentang kerjaan Kementerian Keuangan en Direktorat Jenderal Pajak tentunya.

Dari hasil brainstorming, rencananya kita pengen mulai sama senam pinguin deh...eh ternyata pas sehari sebelumnya survey en ketemu sama Kepala Sekolahnya, si Bapak cerita kalo mereka biasa senam itu tiap hari Selasa en Kamis....wah cucok deh, anak2nya pasti udah pada hapal gerakannya kan ya tinggal kita niruin aja...hahaha *udah kebayang tadinya musti ngapalin gerakan dulu ;p*. Trus kalo soal materi sih kita serahkan sama Yang Maha Kuasa...eh....maksudnya serahkan ke masing2 pemateri...hehe. Karna aku kebagian story telling bout Kojib *maskot pajak tercinta*, udah tau lah mau ngapain coz tahun lalu pas di acara #KemenkeuMengajar juga sempet nyisipin materi soal ini en anak2 pada suka coz it's something new for them, apalagi kalo ada badut lucu ala2 Kojib gitu biasanya bikin anak2 SD lebih tertarik.


Dan keseruan hari ini dimulai dengan berpose dulu sama semua tim #PajakBertutur...muahaha....errr garing yak, etapi itu kan komponen paling utama demi mensukseskan acara ini #eeeaaa #kesimpulansendiri #dijitakpakdirjen


yuk pose dulu :))
Kelar sesi poto sebelum mulai acara *maaaak, harusnya berdoa dulu yak bukannya poto2 dulu...maapkeun kaum narsisme ini ;p*, tim pun mulai nyebar deh sesuai jobdesk masing2, ada yg ke SD N 02 Kebon Kelapa, dan sisanya ke SMP en SMK Santa Maria. Kalo lokasi sekolah2nya siy ga terlalu jauh dari kantor, tapi kalo jalan kaki ya lumayan bikin bedak kakak2 pengajar ini luntur *centil amat yak...hehe*, akhirnya di drop deh sama OB kantor coz kalo mau bawa mobil sendiri agak ribet juga parkirnya karna sekolahnya lumayan masuk ke gang senggol gitu deh.

Pas nyampe disana ternyata adek2nya udah pada duduk manis, lagi dengerin petuah2 nan bijak dari Bapak Kepala Sekolah. Di awal siy keliatannya pada anteng gitu tapi bukan anak2 namanya ya kalo ga pada heboh pake rebutan2 gitu...ahahaha untung kakak2 pengajarnya sabar *kibasjilbab*, jadi no problemo deh ngadepin anak2 yg heboh banget gitu *udah terbiasa kali ya ngadepin anak sendiri di rumah 😅*. Dan sesuai rundown acara, jam 9 pun acara kita mulai.


udah pada duduk manis

Adek2 yg tadinya keliatan malu2 gimana gitu mulai pada panas pas diajakin senam pinguin *ternyata pada banci tampil semua...haha*. Oya kita udah nyiapin juga beberapa coklat nih buat beberapa anak yg nanti berani jawab pertanyaan or berani maju ke depan...yg mana ternyata anak2 jaman sekarang adalah tipikal pengejar hadiah semua...jadi pada rebutan pengen maju ke depan...haha. Kirain kayak jaman tante eh kakak dulu, yg masih malu2 kalo disuruh maju ke depan *yakali tahun berapa ya itu ;p*. 


muka2 calm padahal deg2an 😆
Kojib selalu jadi idola anak2
muka2 serius dengerin story telling

Materi yg kita ajarin ke anak2 SD tadi tentang konsep pajak lebih kepada ngasih mereka pengertian kalo pajak itu sifatnya gotong royong dari masyarakat sendiri walopun bentuknya iuran wajib dan hasilnya pun dinikmati sama masyarakat juga dalam bentuk pembangunan jalan, jembatan, dan fasilitas2 lainnya. Pas ditanya ada ga yg pengen jadi pegawai pajak, ada beberapa anak yg jawab pengen en kalo ditanya kenapa, jawabannya karna pengen menjaga uang negara....aseeeeeek....amiiiin ya adek2


emak beraksi dulu

masih edisi emak beraksi 😅

pamer boneka Kojib nyook

Acara #PajakBertutur tadi berlangsung sekitar 60 menit dan berakhir dengan keseruan foto bersama *teteup ya bo'...foto bersama adalah kuntchiee kesuksesan acara 😂*. Dan emang seru banget ya berbagi cerita sama adek2 yg notabene mungkin masih belum terlalu ngerti tentang pajak tapi at least mereka jadi ngerti kalo pajak itu emang penting banget buat pembangunan. Dan yah harapannya siy semoga suatu saat nanti mereka berkontribusi jadi pembayar pajak aktif buat negara ini.


say cheeeseee :))

foto sama tuan rumah alias kepsek-nya

"Kalau tidak sedari dini....kalau tidak dari sekarang....mau kapan lagi belajar pentingnya pajak buat negara ini?"




No comments:

Post a Comment